Home Techsimo
Home Techsimo

Label:

MediaTek siapkan chipset Helio X30 dengan desain quad-cluster dan dukungan RAM LPDDR4

MediaTek siapkan chipset Helio X30 dengan desain quad-cluster dan dukungan RAM LPDDR4


MediaTek mungkin telah mendapatkan pengakuan di tingkat internasional dengan menciptakan chipset murah untuk smartphone dan tablet, tapi pabrikan chipset asal Taiwan tersebut masih harus membuat inofasi terbaru untuk bersaing dengan produsen Chip lainnya untuk bisa bertahan di pasar internasional.

Langkah pertama yang MediaTek lakukan untuk segmen high-end dari pasar smartphone adalah dengan menghadirkan Helio X10, chipset dengan berbagai fitur handal untuk dimasukkan kedalam beberapa ponsel mid-range seperti HTC One M9 + atau Meizu MX5. Kembali pada bulan Mei, MediaTek meluncurkan chipset mid-range terbarunya Helio X20, prosesor mobile pertama dengan CPU deca-core (10 inti prosesor). Meskipun kemungkinan besar bahwa perangkat mobile pertama yang memanfaatkan Helio X20 tidak akan mencapai pasar hingga Q1 2016.

Sekarang, sebuah rumor baru dari China mengklaim bahwa MediaTek saat ini telah mulai bekerja pada sebuah chipset lebih cepat, yakni Helio X30. Menurut laporan, Helio X30 nantinya akan datang dengan perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan Helio X20 SoC.

Helio X20 merupakan chipset yang mengintegrasikan CPU tri-cluster dengan empat core ARM Cortex-A53 clock 1.4GHz, empat core ARM Cortex-A53 clock 2GHz, dan sisanya ARM Cortex-A72 dengan clock speed 2.5GHz. Jika laporan baru ini benar, MediaTek Helio X30 akan datang dengan CPU deca-core yang lebih terfragmentasi, desain quad-cluster yang digunakannya akan memiliki susunan dua core ARM Cortex-A53 clock 1GHz, dua core Cortex-A53 clock 1.5GHz , dua core Cortex-A72 clock 2GHz dan empat core ARM Cortex-A72 clock 2.5GHz.

Helio X30 juga dikatakan memiliki GPU ARM Mali-T880, prosesor grafis untuk ponsel yang tercepat untuk saat ini dan lebih tinggi dari GPU Mali-T800 yang digunakan oleh Helio X20. Detail lain dikabarkan tentang Helio X30 adalah dukungan untuk RAM 4GB LPDDR4, suatu prestasi yang hilang dari Helio X20.

Sayangnya, laporan ini tidak menyebutkan tentang tanggal rilis mungkin untuk Helio X30, tapi kami mengasumsikan bahwa smartphone pertama yang menggunakan chipset Helio X30 tidak akan diluncurkan hingga awal 2016 mendatang. Kami akan mengawasi semua informasi terbaru tentang chipset terbaru dari MediaTek ini, untuk mendapatkan detail fitur dan spesifikasi yang dimilikinya dan kami akan segera membagikan informasi tersebut kepada Anda.




Sumber: padnews


Share To:
 
What's Hot
What's Hot

LAST 7 DAY

LAST 30 DAY

About | TOS | Disclaimer | Privacy | Contact | iklan
Copyright © 2017. Techsimo - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger