Home Techsimo
Home Techsimo

Label: ,

10 masalah yang terjadi di HTC One M8 dan solusi untuk mengatasinya

10 masalah yang terjadi di HTC One M8 dan solusi untuk mengatasinya


HTC One M8 adalah sebuah ponsel Android yang fantastik, yang menawarkan desain, kualitas bahan dan hardware kelas premium. Dengan spesifikasi yang sangat tangguh dan atarmuka sense UI yang cukup ringan, kinerja smarphone Android benar-benar menakjubkan.

Tapi, meskipu One M8 memiliki spesifikasi kelas premium, bukan berarti ponsel ini tidak memiliki masalah seperti pada ponsel umumnya. Nah, hari ini saya akan membahas beberapa masalah yang paling umum atau yang paling banyak dikehlukan beberapa pengguna HTC One M8 (termasuk saya) dan cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Kartu SIM tidak terdeteksi
Saya mendengar beberapa pengguna melaporkan bahwa Ponsel Android mereka terkadang tidak dapat membaca kartu SIM, meskipun diganti dengan SIM lain.

Solusi:
* Keluarkan SIM dari tempatnya dan atur kembali posisinya supaya tidak bergeser, setelah itu masukan kembali seperti biasa.
* Tambah ketebalan kartu SIM dengan cara memberinya kertas pada bagian belakang (jangan terlalu banyak).
* Bersihkan jalur SIM (warna emas) dengan alkohol atau tiner A special dengan menggunakan kain supaya bersih.
* Pastikan kartu SIM Anda berfungsi dengan baik, dengan cara mengujinya di perangkat lain.


2. Sering Crass atau rebot sendiri
Bebarapa aplikasi terkadang membuat kinerja sistem sebuah ponsel atau tablet menjadi sangat berat yang menyebabkan perangkat tersebut restart atau reboot dengan sendirinya. Hal ini terjadi disebabkan karena sistem memberikan perintah untuk mematikan atau merifresh hardware agar tidak terjadi kerusakan yang parah.

Solusi:
* Masuk ke menu Setting -> Power -> Penggunaan, cek apakah ada aplikasi yang memakan daya yang berlebih?. Jika ada, uninstal aplikasi tersebut dan instal kembali atau Anda juga bisa menghapusnya, Jika tidak ada, uninstal semua aplikasi dan instal ulang.
* Master reset (reset pabrik), caranya bisa Anda lihat di bagian bawah.


3. Ponsel berjalan terlalu lambat
Masalah satu ini memang sering terjadi di hampir semua ponsel, dimana ponsel tersebut berjalan sangat lambat bahkan dapat berhenti saat membuka atau memainkan sebuah aplikasi.

Solusi:
* Hentikan setiap aplikasi yang berjalan pada perangkat. Caranya: masuk menu Settings - Apps lalu ketuk aplikasi yang ingin Anda menghentikan dan ketuk tombol Tutup.
* Restart telepon Anda untuk menghilangkan potensi konflik dari aplikasi pihak ketiga. Cukup tekan dan tahan tombol power dan tekan Restart.


4. Volume panggilan terlalu rendah
Beberapa pengguna telah menemukan volume smarphone Android mereka terlalu rendah selama panggilan meskipun volume tersebut sudah maksimal.

Solusi:
* Masuk Settings - Call - Alat Bantu Dengar dan menyalakannya.
* Atur jarak ponsel Anda dari telinga atau mengubah posisinya, karena One M8 memiliki sensor jarak untuk volume speaker telingga.
* Pastikan lubang speaker tilinga tidak tertutup debu atau benda lainnya.


5. LED pemberitahuan tidak bekerja dengan benar
LED yang seharusnya berkedip untuk menunjukkan pemberitahuan seperti, pengisian baterai (hijau dan oranye), pesan teks dan email hanya berkerja pada saat pengisian saja (tidak berkerja saat ada pemberitahuan).

Solusi:
* Pastikan lampu pemberitahuan telah diaktifkan dengan cara masuk ke Setting -> Tampilan & gerakan -> Lampu pemberitahuan.
* Periksa apakah masalah LED tidak terkait dengan aplikasi tertentu dengan boot ke safe mode. (cara untuk melakukannya di bawah ini)
* Jika sebuah aplikasi yang menyebabkan masalah ini (biasanya aplikasi messaging pihak ketiga
), pergi ke Settings -> Apps dan nonaktifkan semua aplikasi satu per satu, atau Anda juga melakukan dengan cara reset pabrik dan menginstal ulang semua aplikasi tersebut.


6. Wi-Fi tidak bekerja dengan benar
Beberapa pengguna HTC One M8 telah melaporka bahwa perangkat mereka tidak dapat mendeteksi Wi-Fi, tidak terhubung ke Wi-Fi dengan benar dan menghubungkan terlalu lambat.

Solusi:
* Coba pergi ke Pengaturan dan Toggling modus Airplane, mematikan, kemudian restart telepon.
* Restart kedua router dan Device.
* Coba pasang Wi-Fi Analyzer dari Google Play Store dan periksa apakah daftar Wi-Fi perangkat Anda sudah penuh apa belum.
* Lihatlah filter MAC telepon, dan pengaturan pada router Anda untuk memeriksa masalah.
* Pergilah ke Pengaturan dan matikan hemat daya
* Hapus semua daftar koneksi Wi-Fi Anda dan secara manual masukkan kembali mereka.


7. Aplikasi Email tidak bekerja
HTC menyediakan aplikasi sendiri untuk email, tapi beberapa pengguna mengalami masalah pada palikasi ini. Aplikasi email sering menyegarkan pesan dan kesulitan menampilkan isi pesan.

Solusi:
* Sebagian besar masalah ini muncul untuk pengguna dengan account email yahoo. Email HTC dan yahoo tidak bekerja dengan baik bersama-sama apabila memiliki nilai default salah. Silahkan Anda pergi ke Menu- Apps - Mail - Lain (IMAP / POP3) dan memasukkan informasi akun Anda.
* Jika terjadi kesalahan lebih lanjut, silahkan Anda masuk ke Manual Setup - IMAP dan memasukkan informasi Server.( Incoming Server: imap.mail.yahoo.com, Port: 993, Outgoing Server: smtp.mail.yahoo.com, Port: 465, Jenis Keamanan: SSL).
* Coba hentikan aplikasi melalui Settings - Apps - Mail - hentikan, kemudian Anda coba untuk mengaksesnya lagi.
* Pembaruan perangkat lunak dapat membantu Anda mengatasi bug ini. Pergi ke Pengaturan- Pembaruan perangkat lunak - Cek sekarang untuk melihat apakah Anda update untuk perangkat Anda.


8. Rotasi layar lambat atau respon kurang
Beberapa pengguna One M8 telah melaporkan bahwa rotasi layar mereka ada yang terlalu sensitif dan ada juga yang merespon sangat lambat.

Solusi:
* Pastikan bahwa aplikasi tidak memperlambat kinerja sistem ponsel, dengan cara menghentikan aplikasi yang tidak Anda gunakan.
* Restart perangkat dengan menekan tombol Power sampai Anda mendapatkan pilihan untuk Restart
* Tempatkan telepon pada, permukaan yang keras dan mengkalibrasi G-Sensor. Pergi ke Settings - Tampilan & Gestures - kalibrasi G-sensor.
* Jika tidak ada yang berhasil, simpan atau cadangkan semua data yang diperlukan dan lakukan reset pabrik.


9. Dead pixel / Pixel mati
Meskipun masalah ini jarang terjadi di hampir semua perangkat, beberapa pengguna HTC One M8 telah melaporkan beberapa masalah dengan pixel mati pada layar mereka.

Solusi:
* Coba naikan kecerahan layar ponsel Anda ke posisi maksimal selama tiga puluh menit atau lebih, cara ini dapat memaksa pixel mati untuk menyala.
* Download aplikasi  "Dead pixel detect and fix" di toko Google Play untuk memperbaiki masalah ini.
* Jika tidak ada yang berhasil, ganti layar LCD atau garansikan perangkat Anda di service center HTC.


10. Konektivitas Bluetooth
Masalah koneksi Bluetooth pada smartphone yang saat ini sering terjadi adalah mengkoneksikan perangkat dengan mobil. Kadang-kadang, hanya dengan mencoba mengkoneksikannya beberapa kali dapat memecahkan masalah ini.

Solusi:
* Menghapus daftar perangkat Bluetooth, pergi ke Settings - Bluetooth dan coba untuk menyambungnya kembali
* Pastikan firmware ponsel dan bluetooth adalah yang terbaru (update).
* Hindari menggunakan karakter khusus dalam menamakan perangkat atau memberikan password. Untuk mengubah nama perangkat Anda, pergi ke Settings - Bluetooth - Nama perangkat.
* Membuat pesan ijin akses perangkat, caranya: masuk ke Settings -> Bluetooth -> Advanced.


Berikut ini adalah panduan tentang cara untuk reset pabrik HTC One M8, dan cara memasukkan safe mode.

Safe Mode:
* Tahan tombol Power sampai Anda dapat mengakses opsi
* Tahan tombol matikan sampai muncul Reboot to safe mode appears
* Tekan Restart untuk memilih
* Anda akan melihat "mode aman" di bagian kiri bawah layar.

Jika cara ini tidak berhasil

* Putar One M8 sepenuhnya.
* Tekan dan tahan tombol Power sampai logo HTC muncul
* Lepaskan tombol Power dan tahan volume bawah sampai "Safe mode" muncul.
* Tahan tombol Power dan pilih Restart untuk keluar safe mode


Factory Reset:
* Pergi ke Settings - Backup & Atur ulang
* Ketuk Reset phone
* Untuk menghapus semua data dari penyimpanan pilih Erase semua data
* Untuk menghapus dari kartu penyimpanan pilih kartu Erase SD
* Memilih


Factory Reset menggunakan tombol:
* Tahan Volume bawah dan Power
* Tunggu layar dengan tiga gambar Android kemudian lepaskan tombol
* Gunakan Volume down untuk memilih Factory reset
* Konfirmasikan dengan menekan tombol Power


Nah, 10 masalah diatas adalah yang paling umum atau yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna HTC One M8, dan solusi tersebut adalah pengalaman dari beberapa pengguna yang telah mengalami hal tersebut pada ponsel mereka. Saya akan terus mengupdate daftar ini jika saya menemukan masalah lainnya yang lebih buruk. Jika Anda telah menghadapi salah satu masalah di atas, beritahu kami jika salah satu solusi diatas telah bekerja atau tidak untuk Anda.


Selamat mencoba dan semoga berhasil....!


Share To:
 
What's Hot
What's Hot

LAST 7 DAY

LAST 30 DAY

About | TOS | Disclaimer | Privacy | Contact | iklan
Copyright © 2017. Techsimo - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger