Home Techsimo
Home Techsimo

Label: ,

Penjelasan dan solusi kode error di Google Play Store

Penjelasan dan solusi kode error di Google Play Store


Jika Anda pengguna ponsel Android, Anda pasti sering dan sangat suka mendownload aplikasi atau games dari Google Play, terutama yang gratis. Jika Anda sering melakukan itu, Anda pasti pernah atau sering melihat pesan error atau kode kesalahan waktu menginstal atau mendownload aplikasi dari Google Play. Meskipun jarang terjadi, pesan error yang muncul saat melakukan download atau penginstalan membuat banyak pengguna Google Play merasa kebingungan (mungkin Anda juga termasuk salah satunya), kerena tidak ada penjelasan atau cara untuk mengatasi error tersebut.

Berkat bantuan dari "Mohamedrashad", salah satu angota XDA Developer yang juga sangat frustasi dengan pesan error tersebut akhirnya bisa teratasi. Nah, dibawah ini adalah beberapa pesan error yang telah dikumpulkan Mohamedrashad dan cara mengatasinya.

* error 491
Kesalahan: download dan update (mungkin).
Solusi: Hapus account google Anda diponsel dengan cara pergi ke pengaturan perangkat -> account google. Setelah itu Reboot android Anda dan masukan akun Google Anda lagi. Jika masih belum dapat teratasi, masuk ke pengaturan -> apps (aplikasi) dan hentikan penggunaan data disetiap aplikasi yang berjalan.

* error 498
- Kesalahan: Gagal download
- Penyebab: Cache atau memori perangkat Anda penuh
- Solusi: Hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart smartphone Anda dalam mode recovery, caranya matikan dulu ponsel Anda, setelah itu tekan volume bawah, tombol power dan home (untuk perangkat samsung) atau volume bawah dan power (untuk sebagian besar perangkat lain) secara bersamaan. Mode ini memberikan beberapa pilihan. Pilih hapus partisi cache dengan navigasi volume ponsel Android Anda dan tekan tombol power OK!.

* error 919
- Kesalahan: aplikasi tidak berjalan setelah di download.
- Penyebab: Memori tidak cukup
- Solusi: Hapus semua data yang tidak perlu, seperti Musik, video atau aplikasi besar.

* error 413
- Kesalahan: Gagal download atau update
- Penyebab: Memori proxy penuh
- Solusi: Masuk pengaturan -> aplikasi -> semua aplikasi -> layanan Google dan hentikan penggunaan data aplikasi. Lakukan hal yang sama dengan menghapus cache di browser internet Anda.

* error 923
- Kesalahan: Gagal download
- Penyebab: Error saat sinkronisasi akun google atau memori cache tidak cukup.
- Solusi: Hapus account google Anda dan menghapus aplikasi yang tidak berguna yang memori penuh. Selanjutnya, reboot perangkat Anda dalam modus pemulihan (Recovery Mode). Pilih hapus partisi cache dan memulai perangkat Anda seperti biasa. Jangan khawatir, data pribadi Anda tidak akan terhapus dan silahkan atur account google Anda sekali lagi.

* error 921
- Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Solusi: Coba hapus cache aplikasi Google Play Store. Jika ini tidak berhasil, hapus semua data aplikasi Play Store, tapi harap diketahui bahwa ini berakibat hilangnya semua pengaturan yang telah Anda buat di Google Play Store. Sebagai usaha terakhir, hapus account google Anda, restart perangkat dan masukkan lagi.

* error 403
- Kesalahan: Gagal download.
- Penyebab: Hal ini biasanya terjadi ketika dua account google Anda digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.
- Solusi: Masuk Google Play Store dengan akun google yang benar. Uninstall aplikasi yang bersangkutan. Berikutnya, coba men-download aplikasi dari google play store lagi dan klik tombol pembelian.

* error 492
- Kesalahan: tidak dapat menginstal aplikasi karena cache Dalvik.
- Solusi: hentikan layanan data google dan lakukan hal yang sama pada aplikasi google play store.
- Catatan: Jika masalah tersebut belum terpecahkan, coba hapus cache Dalvik. Untuk melakukannya, masuk ke mode recovery kustom (hanya untuk ponsel Android yang telah di root). Solusi lainnya adalah untuk melengkapi data wipe / factory reset. Pilihan ini berlaku untuk semua pengguna dan dapat dilakukan dalam mode recovery. Hati-hati, cara ini akan menghapus data Anda, jadi pastikan Anda telah membuat cadangan semua data Anda.

* error 927

- Kesalahan: Tidak bisa download
- Penyebab: update aplikasi google play store sedang berlangsung.
- Solusi: tunggu beberapa menit sampai update selesai. Jika masalah terus berlanjut, masuk ke setting -> aplikasi dan hentika semua layanan data google. Lakukan hal yang sama pad aplikasi google play store.

* error 101
- Kesalahan: Tidak bisa download aplikasi atau games di google play store
- Penyebab: Anda memiliki banyak aplikasi yang telah terinstal
- Solusi: Hapus aplikasi yang tidak berguna atau hapus account google Anda dan re-login (login ulang)

* error 481
- Kesalahan: akun google Anda bermasalah
- Solusi: menghapus account Anda dan menggunakan akun lainnya

* error 911
- Kesalahan: aplikasi tidak dapat diunduh
- solusi:
1. Hapus chace dan history aplikasi goole play.
2. Jika Anda menggunakan koneksi wifi yang membutuhkan login halaman web, maka otentikasi Anda mungkin telah kedaluwarsa. Masuk ke apn Anda melalui browser android, buka google play store dan jalankan update aplikasi. Jika itu tidak berhasil masalahnya ada pada jaringan wifi tersebut.
3. Cukup beralih ke jaringan wifi lain dan menjalankan update. Kesalahan 911 harus menghilang untuk jaringan wifi baru.
4. Gunakan layanan data jaringan mobile Anda bukan wifi. Matikan wifi, ubah pengaturan data Anda dan coba download / memperbarui aplikasi atau game ponsel Anda. Tapi, metode ini hanya cocok untuk aplikasi dan game yang berukuran kecil. Untuk update yang lebih besar Anda harus menggunakan jaringan wifi Anda untuk menghemat biaya data.

* error 919
- Kesalahan: tidak bisa memasang aplikasi
- Solusi: Ubah pengaturan apn Anda

* error 920
-Kesalahan: aplikasi tidak dapat diunduh.
- Solusi:
Cara 1: matikan wi-fi dan ubah pengaturan wi-fi Anda di google paly untuk menginstal atau update aplikasi
Cara 2: hapus account google Anda, restart ponsel dan masukan kembali akun google Anda di pengaturan. Jika masih belum berhasil, lakukan lagi cara tersebut dan gunakan akun yang berbeda. Jalankan google play store dan download aplikasi Anda.
Cara 3: hapus cache dan data di aplikasi google play, sekarang dari tab yang sama uninstall update aplikasi tersebut. Restart ponsel, buka aplikasi google play Anda dan instal aplikasi tersebut.

* error 941
- Kesalahan: erro ketika mencoba untuk menjalankan pembaruan
- Solusi: hapus cache dan data aplikasi google play, cache dan data download manager

* error 504 dan 495
- Kesalahan: App tidak dapat diunduh
- Solusi: Cara 1: hapus cache app google play dan kerangka layanan google.
Cara 2: hapus account gmail, rebbot dan masukan lagi

* error rh01
- Kesalahan: pengambilan informasi dari server error.
- Solusi: hapus cache dan data app google play dan browser google. Hapus account gmail Anda dan masukan lagi.

* error rpc: s-5: AEC-0
- Kesalahan: server error.
- Solusi: Pengaturan sistem terbuka (root), hapus cache dan update uninstall aplikasi google play, download manager dan browser google.

* error -24
- Kesalahan: Costom room ponsel root (kitkat)
- Solusi: gunakan dan atur file manager root,  Cari nama paket aplikasi yang ingin Anda instal (Tidak tahu nama paket aplikasi? cari di Google Play Store dan URL pengembang). Hapus folder itu aplikasi tersebut dan cobalah untuk menginstal aplikasi Anda lagi, itu harus bekerja sekarang

* Package file invalid 
- Kesalahan: masalah server google play store
- Solusi: Cara 1: untuk update error, hapus cache dan data aplikasi google play dan update app tersebut. Cara 2: Instal aplikasi melalui situs google paly. Cara 3: Matikan wi-fi dan gunakan jaringan 3G atau 4G untuk menginstal atau update. Cara 4: Hapus cache dan data app google play & broser google, atau hapus akun Google, Restart dan masukan akun google Anda kembali.

* installation unssuccesful error
- Kesalahan: gagal menginstal
- Solusi: Uninstall dan instal ulang aplikasi, hapus cache pasar, Uninstall update google play, unmount sdcard kemudia instal aplikasi. Banyak yang telah berhasil menyelesaikan masalah ini dengan unmounting sdcards mereka sebelum menjalankan pembaruan di google play. Hapus folder .android_secure.

* download unsuccessful errors
- Solusi:
Cara 1: Buka settings download unsuccessful errors di app google play -> pengatura aplikasi atau apps -> pilih semua aplikasi -> pilih google play dari daftar ->  force stop, hapus cache dan data aplikasi google play, layanan dan google account manager dari daftar aplikasi. Buka google play dan Anda akan diminta untuk sign in. Masuk dengan akun gmail Anda dan download aplikasi atau permainan yang Anda cari.

Catatan: Dari daftar aplikasi, Anda mungkin juga harus menghapus data untuk "layanan google play, aplikasi google (download atau pembaruan), browser, download dan download manager (dalam kasus men-download melalui browser). Anda juga dapat menggunakan metode yang sama seperti kesalahan "df-bpa-09".

Cara alternatif: Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk menghapus akun gmail Anda dari pengaturan Recovery. Namun, menghapus account gmail primer akan membutuhkan kode reset pabrik kecuali ponsel Anda telah di root.

Dengan asumsi perangkat Anda di root, ikuti cara dibawah ini tentang cara menghapus akun gmail Anda.
1. Hapus cache dan data aplikasi google play.
2. Restart perangkat android Anda.
3. Tambahkan account gmail Anda (Pengaturan-> accounts-> menambahkan akun), buka aplikasi google play, login dan download aplikasi yang Anda cari.

Jika cara di atas gagal, ikuti cara berikut ini:
1. Hapus cache dan layanan google play.
2. Uninstall update dari google play dan layanan google play.
3. Hapus account Anda dan masukan lagi (gunakan akun lainnya jika gagal).
4. Flashing GAPPS. Kemudian masuk
Jika masih tetap gagal, penyebab utama kesalahan ini adalah kecepatan koneksi internet yang lambat.

* error rpc: AEC: 0
- Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Solusi: Hapus account google, semua account yang disinkronkan, data playstore dan reboot.

* RPC: S-3 
-Kesalahan: Tidak dapat men-download aplikasi.
- Penyebab: Gagal menggambil informasi dari server
- Solusi: Hapus account google dan masukan lagi dengan akun yang sama atau akun lainnya.


Nah, inilah beberapa pesan atau kode error yang sering muncul di aplikasi Google Play Store. Untuk lebih jelasnya dan update kode error lainnya Anda bisa melihatnya situs XDA Developer (di link sumber bawah ini).



Sumber: XDA Developer


Share To:
 
What's Hot
What's Hot

LAST 7 DAY

LAST 30 DAY

About | TOS | Disclaimer | Privacy | Contact | iklan
Copyright © 2017. Techsimo - All Rights Reserved | Proudly powered by Blogger